RPP PAI Kelas X Revisi 2018 Hasil Bimtek Kurikulum 2013 Terbaru

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang Admin bagikan pada kesempatan artikel ini yaitu untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti atau PAI di Kelas X. Seorang Guru harus membuat RPP yang baik dan benar dalam pembelajaran Kurikulum 2013. Rencana kegiatan pembelajaran merupakan tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. RPP yang Admin bagikan ini merupakan revisi 2018 hasi dari Bimtek yang disusun berdasarkan KD atau subtema yang dilaksanakan kali pertemuan atau lebih. RPP kelas 10 untuk jenjang SMA MA SMK MAK ini telah di lengkapi dengna Komponen PPK, Literasi, 4 C dan HOTS.

Berikut selengkapnya mengenai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran untuk PAI dan Budi Pekerti K13 yang pembuatannya sesuai dengan Permendikbud nomor 22 tahun 2016 untuk revisi 2017 pada link dibawah ini:
RPP PAI Kelas X Revisi 2018 Hasil Bimtek Kurikulum 2013 Terbaru

PAI dan Budi Pekerti berlandaskan pada aqidah Islam yang berisi tentang keesaan Allah Swt. sebagai sumber utama nilai-nilai kehidupan bagi manusia dan alam semesta. Sumber lainnya adalah akhlak yang merupakan manifestasi dari aqidah, yang sekaligus merupakan landasan pengembangan nilai-nilai karakter bangsa Indonesia. Dengan demikian, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti merupakan pendidikan yang ditujukan untuk dapat menserasikan, menselaraskan dan menyeimbangkan antara iman, Islam, dan ihsan yang diwujudkan dalam:

Baca Juga


1. SILABUS
2. Bab 1 RPP Iman Kepada Allah SWT
3. Bab 2 RPP Berbusana Muslim
4. Bab 3 RPP Mempertahankan Kejujuransebagai Cermin Kepribadian
5. Bab 4 RPP Al-Qur’ān dan Hadisadalah Pedoman Hidupku
6. Bab 5 RPP Meneladani Perjuangan Rasulullah SAW di Mekah
7. Bab 6 RPP Meniti Hidup dengan Kemuliaan
8. Bab 7 RPP Malaikat Selalu Bersamaku
9. Bab 8 RPP Sayang, Patuh dan Hormat Kepada Orang Tua dan Guru
10. Bab 9 RPP Mengelola Wakaf dengan Penuh Amanah
11. Bab 10 RPP Meneladani Perjuangan Dakwah Rasulullah SAW di Madinah
12. Bab 11 RPP Nikmatnya Mencari Ilmu dan Indahnya Berbagi Pengetahuan
13. Bab 12 RPP Menjaga Martabat Manusia dengan Menjauhi Pergaulan Bebas dan Zina

Proses Pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi pesertadidik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Untuk itu setiap satuan pendidikan melakukan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran serta penilaian proses pembelajaran untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas ketercapaian kompetensi lulusan.

Sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi maka prinsip pembelajaran yang digunakan:
1. dari peserta didik diberi tahu menuju peserta didik mencari tahu;
2. dari guru sebagai satu-satunya sumber belajar menjadi belajar berbasis aneka sumber belajar;
3. dari pendekatan tekstual menuju proses sebagai penguatan penggunaan pendekatan ilmiah;
4. dari pembelajaran berbasis konten menuju pembelajaran berbasis kompetensi;
5. dari pembelajaran parsial menuju pembelajaran terpadu;
6. dari pembelajaran yang menekankan jawaban tunggal menuju pembelajaran dengan jawaban yang kebenarannya multi dimensi;
7. dari pembelajaran verbalisme menuju keterampilan aplikatif;
8. peningkatan dan keseimbangan antara keterampilan fisikal (hardskills) dan keterampilan mental (softskills);
9. pembelajaran yang mengutamakan pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik sebagai pembelajar sepanjang hayat;
10. pembelajaran yang menerapkan nilai-nilai dengan memberi keteladanan (ing ngarso sung tulodo), membangun kemauan (ing madyo mangun karso), dan mengembangkan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran (tut wuri handayani);
11. pembelajaran yang berlangsung di rumah di sekolah, dan di masyarakat;
12. pembelajaran yang menerapkan prinsip bahwa siapa saja adalah guru, siapa saja adalah peserta didik, dan di mana saja adalah kelas;
13. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran; dan
14. Pengakuan atas perbedaan individual dan latar belakang budaya peserta didik.

Hadirnya RPP ini Admin harapkan dapat memberikan manfaat dalam kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan untuk mata pelajaran PAI di kelas 10 pada jenjang SMA MA SMK MAK.

Artikel Terkait

Belum ada Komentar untuk "RPP PAI Kelas X Revisi 2018 Hasil Bimtek Kurikulum 2013 Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel